PANTAI TRISIK KULON PROGO JOGJA

Wisata Pantai Trisik Kulon Progo. Pantai Trisik terletak di arah tenggara Kulon Progo tepatnya di Banaran, Galur. Pantai Trisik merupakan pantai yang landai berupa hamparan pasir hitam. Kawasan Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo di sebelah timur, sungai yang menjadi batas alam Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. 

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sebelah barat Yogyakarta yang memiliki pesona banyak menarik perhatian para wisatawan, selain karena memiliki bandara udara baru yang termegah di Indonesia saat ini yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) juga karena di Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, wisata alam pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah lainnya.

Pantai Trisik Kulon progo

Saking banyaknya Tempat Wisata Keren di Kulon Progo mengakibatkan para wisatawan bingung untuk memilih atau mengunjungi tempat wisata mana yang pantas untuk diprioritaskan. Untuk itu berikut ini kami sajikan ulasan beberapa tempat wisata Kulon Progo yang paling menarik untuk Anda kunjungi sebagai rekomendasi agar tidak bingung ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. 

Wilayah Kabupaten Kulon Progo terletak di sebelah barat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari 12 kecamatan, 87 desa, 1 kelurahan, 917 pedukuhan dan secara geografis wilayahnya merupakan daerah datar, dikelilingi pegunungan (Perbukitan Menoreh) dan sebagian besar terletak pada wilayah utara dengan luas wilayah 17,58 % berada pada ketinggian 7 meter di atas permukaan laut.

Pantai Trisik ini terletak lebih kurang 37 kilometer dari kota Yogyakarta dan dapat dicapai melalui Palbapang. Dari simpang Palbapang ini kemudian membelok ke arah Srandakan, kemudian dilanjutkan ke daerah Brosot dengan melintasi jembatan yang melintang di atas sungai Progo sepanjang lebih kurang 600 meter.

Dari daerah Brosot, perjalanan sepanjang 5 kilometer ke arah Pantai Trisik dapat dicapai dengan sarana transport lokal yang berupa dokar atau andhong (sado, kereta kuda khas Yogya). Jarak Yogyakarta - Trisik ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum micro bus sampai ke pantai.

Panorama Pantai Trisik di pagi dan sore hari menampilkan pesona alam yang luar biasa indah. Tidak jauh dari pantai Trisik terdapat persawahan dan kebun kelapa milik penduduk yang terhampar hijau. Pemandangan ini cukup bagus dinikmati penduduk kota yang bosan dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Kegiatan penduduk seperti di tempat pelelangan ikan, kegiatan nelayan dan kegiatan konservasi penyu sebenarnya juga dapat dikembangkan menjadi alat penarik wisatawan jika dikelola dengan serius, kreatif dan inovatif.