GOA KISKENDO KULON PROGO

Wisata Goa Kiskendo ini terletak di desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo, kurang lebih 38 kilometer ke arah barat kota Yogyakarta atau sekitar 21 kilometer dari kota Wates. Goa Kiskendo merupakan goa alam yang berada di kawasan Perbukitan Menoreh yang dapat Anda telusuri dengan mudah sejauh 600 meter dari mulut goa.

 
Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, konon goa Kiskendo ini dilatar belakangi legenda pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali, yang secara lengkap digambarkan dalam bentuk relief di dindng samping mulut goa.
Gua Kiskendo Kulon Progo

 
Di dalam Goa Kiskendo terdapat beberapa tempat yang dikenal cukup sakral dan biasa digunakan untuk kegiatan ritual, antara lain Pertapaan Kusuma, Pertapaan Ledhek, dan Pertapaan Santri Tani.

Bagi Anda para caver dapat menyelusuri lebih jauh di goa Sumitro yang terletak hanya beberapa meter di bawah goa Kiskendo. Untuk menikmati keindahan goa ini, Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari lokasinya karena Goa Kiskendo termasuk goa yang memang sudah dijadikan tempat wisata yang terkelola, dan dilengkapi dengan petunjuk arah untuk mencapai lokasinya.


Objek wisata sekitar lokasi Goa Kiskendo tersebut antara lain: objek wisata religi umat Katholik  Goa Maria Lawangsih, Waduk Mini Kleco Girimulyo, Kedung Pedut, Grojokan Sewu, dan sebagainya.
HUBUNG KAMI:
Paket Wisata Murah Kulon Progo Yogyakarta
HP: 0813-2997-3567